Gaya penjualan mobil dari segmen sport utility vehicle (SUV) terus meningkat sejak beberapa waktu ke belakang. Hal ini sejalan dengan bertambahnya beragamnya pilihan SUV yang dihadirkan oleh pabrikan mobil untuk memenuhi kebutuhan para konsumen.

Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur Toyota Astra Motor (TAM), mengamini bahwa pergerakan pasar SUV akan terus naik meski ia meyakini pasar mobil serbaguna (MPV) akan tetap menjadi yang terbesar di tanah air.

“Kita lihat dari pergerakan pasar dalam beberapa tahun terakhir (SUV) naik terus, global trend juga sama,” ucap Henry Tanoto.

Tahun lalu struktur pasar SUV sekitar 19 persen, tahun sebelumnya 12 persen. Hal ini menurutnya dikarenakan banyaknya pilihan model sehingga pasar tumbuh pesat.

Henry Tanoto mengira-ngira market SUV pada tahun ini akan naik dari 19 persen menjadi sekitar 20 persen.

Mengacu pada data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total penjualan SUV dari sejumlah merek pada 2017 di antaranya Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero, Nissan X Trail, Honda CR-V dan produk lainnya terjual 15.083 unit. Sedangkan untuk Compact SUV dengan produk Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda BR-V, Suzuki SX4 dan juga produk lainnya terjual 29.523 unit

Iklan