Segmen LCGC dipastikan akan semakin ramai setelah rumor kehadiran Toyota Agya baru mencuat. Beberapa bocoran terkait mobil ini bahkan telah merebak di dunia maya.

Pada Saat kami konformasi ke pihak PT Toyota Astra Motor (TAM), mereka juga tak menampik akan merilis Agya baru dalam waktu dekat. Prediksinya mobil ini akan hadir pada di 7 April 2017. Hal tersebut diamini oleh pihak Toyota. “Iya, lagi di prepare dalam waktu dekat,” ungkap Fransiscus Soerjopranoto, Executive GM PT TAM.

Tidak cuma itu, pria yang akrab disapa Soerjo ini juga menjelaskan kalau unit mesin yang akan digunakan oleh Toyota Agya facelift. Kabarnya Agya akan memakai mesin 1.200 cc. “Untuk engine akan ada unit 1.0 L serta 1.2 L,” tutur Soerjo lagi.

Pernyataan ini kian membenarkan isu kalau Agya memang akan menggunakan mesin 1.200cc sama seperti yang digunakan Toyota Calya atau Daihatsu Sigra. Alasan utama tentu karena, mesin Calya-Sigra sudah memakai teknologi Dual VVT-i.

Klik untuk informasi Toyota di Bandung

Memang ada pilihan mesin 1.200 cc lain, yakni kepunyaan Toyota Etios Valco. Namun sayangnya, mesin Etios belum menggunakan teknologi katup variabel. Selain tentu saja karena mesin 2 NR-FE kepunyaan Calya-Sigra sudah dirakit lokal di tanah air oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia di Karawang Plant 3.

Iklan