Bandung adalah sebuah kota dengan beraneka ragama keindahan. Begitulah ungkapan yang sering terdengar diantara kicauan warga Bandung hingga wisatawan luar Bandung. Bandung memang memiliki daya tarik untukĀ  membuat setiap orang ingin berkunjung ke kota yang berudara sejuk ini. Bandung bukan saja dipenuhi oleh beraneka ragam wisata kuliner dan wisata belanja, tetapi juga menyajikan wisata alam yang tak kalah indahnya.
Salah satu wisata alam yang wajib dicoba adalah Arung Jeram di Sungai Citarum, Kabupaten Bandung Barat. Sungai Citarum adalah sungai terbesar dan terpanjang yang berada di tatar Pasundan, Provinsi Jawa Barat, di sungai inilah olah raga arus deras pertama kali lahir. Mirisnya, saat ini Sungai Citarum semakin mengalami krisis karena air yang mengalir melalui citarum telah tercemar oleh berbagai limbah industri. Namun, hal tersebut tak membatasi beberapa yayasan dan agen wisata Arung Jeram untuk terus memperkenalkan olahraga arus deras ini kepada masyarakat.
Lihat info Rafting di Situ Cileunca Pangalengan

Kapinis merupakan salah satu yayasan yang mengurusi olahraga arung jeram di Sungai Citarum. Terletak di Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, basecamp Kapinis bisa ditempuh kurang lebih dalam waktu 1,5 jam dari pusat kota Bandung. Pepohonan rindang dan bau belerang akan menemani perjalanan menuju basecamp. Setiap peserta selalu diberikan metode keselamatan menyelam juga emergency and rescue technique oleh skipper atau pemimpin tim Rafting/ Arung Jeram. Setelah semua persiapan sudah cukup, barulah para peserta diajak berjalan sekitar 1 KM menuju Sanghyang Tikoro yang merupakan tempat start Arung Jeram tersebut.

Tidak ada syarat apapun dalam melakukan wisata arung jeram. Tidak bisa berenang pun gak masalah karena pelampung pasti selalu menjaga para peserta. Dengan rekor yang dicapai Yayasan Kapinis sebagai satu-satunya yayasan dengan zero accident, pihak pengelola menjadi peserta akan aman dibawah bimbingan tim Kapinis.

Terdapat bermacam medan arung jeram yang menarik untuk ditaklukkan peserta di Sungai Citarum. Ada sekitar empat macam medan yang menjadi tantangan berarung jeram di Citarum yaitu Standing Wave, Hole, Eddies, dan Boil. Standing Wave adalah ombak cukup tinggi yang muncul akibat perbedaan kecepatan arus, memberikan efek guncangan pada perahu karet ketika menerjang ombak yang membenturnya. Hole memungkinkan perahu karet terbalik karena lubang yang berada di dasar sungai. Eddies adalah pusaran air, sedangkan Boil adalah jenis jeram yang menyerupai air mendidih karena efek bebatuan sungai di bawahnya. Setiap medan memberi kesenangan sekaligus ketegangan tersendiri bagi siapapun yang mencobanya. Bagi kalian yang ingin memacu adrenalin, berarung jeram, bisa menjadi salah satu kegiatan saat berlibur di Bandung

Iklan